Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kunjungan Lapangan Energi Baru Terbarukan ke PS.Madukismo dan Pantai Baru Fakultas Teknik

Kunjungan Lapangan Energi Baru Terbarukan ke PS.Madukismo dan Pantai Baru Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Proklamasi 45 The University of Petroleum pada hari kamis 27 juli 2017 melakukan kunjungan ke PS Madukismo dan Pantai Baru dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan bidang energi baru terbarukan. Kunjungan di dampingi oleh M. Sigit Cahyono, S.T., M.Eng. Kunjungan diawali ke PS Madukismo untuk melihat proses pembuatan Bioetanol dari Tebu (Tetes Tebu) yang diterima oleh kepala PS Madukismo. Kunjungan selanjutnya di Pantai Baru untuk melihat Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) serta Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLT Biogas) dari kotoran sapi.

Pada kunjungan di PS Madukismo , mahasiswa melihat proses pembuatan bioetanol mulai dari proses pengumpulan bahan baku, proses pembuatan tetes tebu, proses fermentasi, hingga proses distilasi dan kualiti control dari bioetanol yang diproses menjadi spritus. Selain itu, mahasiswa juga melihat proses pengolahan limbah dari pabrik madukismo. Selanjutnya ,pada kunjungan di Pantai Baru, mahasiswa memperoleh informasi tentang PLTS dan PLTB yang terpasang di pesisir pantai baru. Mahasiswa mempelajari secara langsung bagaimana proses konversi energi kinetis dari angin dan energi surya menjadi energi listrik. Selain itu juga mahasiswa mengunjungi PLTBiogas dari kotoran sapi. Mahasiswa melihat secara langsung bagaimana konversi kotoran sapi menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar ataupun menjadi listrik.

Pada kesempatan tersebut juga sekaligus merupakan softlaunching buku “Kapita Selekta Energi Baru Terbarukan” karya Dosen Fakultas Teknik yang juga Dosen Teknik Lingkungan. Diharapkan buku Kapita Selekta Energi Baru Terbarukan dapat menjadi salah satu referensi untuk menambah wawasan tentang Energi Baru Terbarukan. Adanya kunjungan tersebut juga di harapkan semakin meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta sense riset dibidang energi baru terbarukan.